Mengapa belajar ilmu ekonomi?

Posted by Blogger Koetai Thursday 18 February 2010 0 comments
Mengapa belajar ilmu ekonomi? Pertanyaan ini layak dan memang harus dilontarkan. Case dan Fair (1996) memberikan pandangan tentang beberapa manfaat dari studi ekonomi sebagai berikut.
 

a. Memperbaiki care berpikir yang membantu dalam pengambilan keputusan

Harta yang sangat berharga dalam diri manusia adalah pikiran. Dengan pikiran kits mampu menganalisis, menilai benar-salah, baik-buruk dan menentukan pilihan. Kemampuan ini memungkinkan manusia mempertahankan keberadaannya di bumi. Kemampuan itu pula yang memungkinkan manusia terus-menerus meningkatkan kualitas hidupnya. Metode-metode, teknik berpikir dalam ilmu ekonomi akan meningkatkan kemampuan berpikir dan mengambil keputusan.


b. Membantu memenuhi masyarakat

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain. Kita tidakpernah berhenti berinteraksi. Menurut Ilmu ekonomi interaksi manusia terjadi lewat pertukaran (pasar). Sejarah ekonomi mengajarkan bahwa melalui pertukaran itu manusia berupaya mengatasi kelangkaan, selanjutnya mengembangkan teknologi dan sistem kemasyarakatan. Berdasarkan ini kita dapat memahami terjadinya Revolusi Industri di Inggris, Revolusi Politik di Perancis dan peristiwa-peristiwa bersejarah lainnya.

c. Membantu memahami memahami masalah-masalah Internasional (global)

Kelangkaan yang dihadapi terjadi pads setiap tingkatan hidup, mulai dari individu, keluarga, masyarakat desa, kota, negara dan internasional. Di tingkat internasional interaksi antar-individu secara langsung demi kepentingan pribadi, jarang terjadi.    Individu-individu yang berinteraksi lebih mewakili kepentingan-kepentingan kelompok (negara/perusahaan). Yang mereka lakukan meskipun tampaknya baik bagi    yang kelompok/negara lain, sebenarnya lebih mempertimbangkan kepentingan kelompok/negara mereka. Dengan belajar ilmu ekonomi, kita dapat mengerti lebih pasti dan    dalam, mengapa pada saat negara-negara Asia Timur (Indonesia) mengalami krisis ekonomi tahun 1998, negara-negara maju (Eropa Banat, Amerika Serikat dan Jepang), mau memberi bantuan melalui Dana Moneter Internasional (IMF) dan atau Bank Dunia (World Bank).


d. Bermanfaat dalam membangun masyarakat demokrasi

Cita-cita terbentuknya masyarakat demokrasi bukan moonopoli kaum politisi saja. Ekonom pun mempunyai cita-cita yang lama, seperti yang disampaikan oleh Kenneth Arrow. Ekonom memandang demokratisasi sangat penting dalam rangka memper¬baiki proses alokasi sumber daya, karena lebih mencerminkan aspirasi masyarakat kebanyakan. Tidak mengherankan bila di masyarakat maju, pars calon pemimpin yang akan dipilih harus mampu menjabarkan program - program ekonomi mereka.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengapa belajar ilmu ekonomi?
Ditulis oleh Blogger Koetai
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kicaulebah.blogspot.com/2010/02/mengapa-belajar-ilmu-ekonomi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment