Sistem Struktur untuk Bangunan Gedung

Posted by Blogger Koetai Monday 1 February 2010 0 comments
Beberapa sistem struktur yang sering digunakan untuk bangunan gedung :

1. Sistem Rangka Pemikul Momen
Sistem rangka pemikul Momen adalah sistem struktur yang pada dasarnya memiliki rangka ruang pemikul beban gravitasi dan beban lateral. SRPMB untuk wilayah gempa 1 dan 2, SRPMM untuk wilayah gempa 3 & 4, SRPMK untuk wilayah gempa 5 & 6.

2. Sistem Rangka Gedung
Pada sistem ini terdapat rangka ruang lengkap yang memikul beban-beban gravitasi, sedangkan beban lateral dipikul oleh dinding struktural. Walau dinding struktural direncanakan memikul seluruh beban gempa, namun rangka balok kolom harus diperhitungkan terhadap efek simpangan lateral dinding struktural oleh beban gempa rencana, mengingat rangka tersebut di tiap lantai masih menyatu dengan dinding struktur melalui lantai-lantai.

3. Sistem Ganda

Tipe sistem struktur ini memiliki 3 ciri dasar.
a) Rangka ruang lengkap berupa SRPM yang berfungsi memikul beban gravitasi.


b) Pemikul beban lateral dilakukan oleh DS san SRPM dimana SRPM harus secara tersendiri sanggup memikul sedikitnya 25% dari beban geser nominal.


c) DS dan SRPM direncanakan untuk menahan beban dasar geser nominal secara proporsional berdasarkan kekakuan relatifnya.
   

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sistem Struktur untuk Bangunan Gedung
Ditulis oleh Blogger Koetai
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kicaulebah.blogspot.com/2010/02/sistem-struktur-untuk-bangunan-gedung.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment