Ganesa Batuan Beku Asam Plutonik

Posted by Blogger Koetai Sunday 11 April 2010 0 comments
Batuan adalah semua bahan yang menyusun kerak bumi dan merupakan suatu agregat (kumpulan) mineral mineral yang telah menghablur. Tanah dan bahan lepas lainnya yang merupakan hasil pelapukan kimia maupun mekanis serta proses erosi tidak termasuk batuan, tetapi disebut dengan “Aluvial deposit”. Salah satu jenis batuan yang kita kenal adalah batuan beku.
 
Batuan beku adalah batuan yang terbentuk karena proses pembekuan magma. Mineral utama pembentuk batuan beku adalah kuarsa, feldspar, piroksin hornblende, mika, magnetit dan olivin. Pada saat penurunan suhu akan melewati tahapan perubahan fase cair ke padat. Apabila pada saat itu terdapat cukup energi pembentukan kristal maka akan terbentuk kristal-kristal mineral berukuran besar sedangkan bila energi pembentukan rendah akan terbentuk kristal yang berukuran halus. Bila pendinginan berlangsung sangat cepat maka kristal tidak terbentuk dan cairan magma membeku menjadi gelas. Pembekuan magma akan menghasilkan kristal-kristal mineral primer ataupun gelas. Proses pembekuan magma akan sangat berpengaruh terhadap tekstur dan struktur primer batuan sedangkan komposisi batuan sangat dipengaruhi oleh sifat magma.

Ada beberapa dasar pembagian atau klasifikasi batuan beku. Batuan beku diklasifikasikan berdasarkan kandungan SiO2 dapat dibagi menjadi:
  • Batuan Beku Asam, mengandung SiO2 > 66%. Contoh batuan beku asam antara lain: rhyolit, granit.
  • Batuan Beku Intermediet, mengandung SiO2 52-66%. Contoh batuan beku intermediet antara lain: andesit, diorite.
  • Batuan Beku Basa, mengandung SiO2 45-52%. Contoh batuan beku basa antara lain: gabro, basalt.
  • Batuan Beku Ultrabasa, mengandung SiO2 <45%. Contoh batuan beku ultrabasa antar lain: dunite, peridodit.

Referensi : Bahan Kuliah
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ganesa Batuan Beku Asam Plutonik
Ditulis oleh Blogger Koetai
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kicaulebah.blogspot.com/2010/04/ganesa-batuan-beku-asam-plutonik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment