Cara Backup Facebook

Posted by Blogger Koetai Thursday 21 October 2010 0 comments
Bagaimana jika akun facebook anda tiba-tiba dinonaktifkan?. Hal ini mungkin pernah terjadi pada ratusan pengguna termasuk anda. Bagaimana caranya memback-up facebook kita untuk jaga-jaga siapa tahu facebook kita dinonaktifkan atau dihack orang lain?
Berikut adalah cara sederhana untuk memback-up facebook dengan menggunakan ArchiveFacebook Firefox extension.
ArchiveFacebook adalah add ons Firefox yang berguna untuk menyimpan file-file kita di facebook di komputer kita, sehingga jika facebook kita dinonaktifkan atau dihack oleh orang lain maka data-data di facebook kita akan tetap aman.
Data-data yang akan diback-up antara lain:
  1. Photo
  2. Pesan
  3. Aktivity stream
  4. List teman (daftar teman)
  5. Catatan (notes)
  6. Event (acara)
  7. Groups
  8. Info
Berikut Langkah kerjanya :

Nonaktifkan atau Unintall Scrapbook
Jika Anda menggunakan add ons scrapbook pada firefox anda sebaiknya dinonaktifkan atau di uninstall. Jika tidak menggunakan lewati langkah ini.
Dapatkan Facebook Username
Pada versi 1.0 ArchiveFacebook hanya bekerja menggunakan URL profil facebook anda. Jika anda belum memiliki Facebook username, silahkan dapatkan username anda disini.
Biasanya URL profil facebook anda akan menjadi seperti ini http://www.facebook.com/your_name , your_name adalah username yang telah anda buat tadi.

Install Extensi add ons ArchiveFacebook
Untuk langkah selanjutnya adalah mengistall extensi ArchiveFacebook dari firefox, silahkan instal disini.



Setelah direstart, anda akan melihat menu item baru “ArchiveFB” di bar firefox anda diantara "Bookmark" dan "Tools" menu.



Backup dan arsip
Login ke account facebook anda. lalu pilih “ArchiveFB” dan pilih "Show in Sidebar". Saat facebook anda terbuka pilih “ArchiveFB” dan buka "Archive". Setelah itu anda akan ada windows baru seperti ini


Pilih OK untuk memulai proses backup. Dalam proses backup anda akan muncul kotak dialog seperti ini


Jika Anda memilih Cancel pada salah satu kotak dialog, arsip Anda akan memperpanjang kembali dalam waktu hanya sampai waktu itu dan tanggal tertera. 
Setelah proses pengambilan selesai, ArchiveFB akan mulai men-download data agar dapat membuat arsip cadangan Anda.
Proses ini dapat berlangsung beberapa jam tergantung pada kecepatan koneksi Anda dan berapa lama dan ekstensif Anda telah menggunakan Facebook.


Bersabarlah menunggu, tetapi jika Anda menemukan bahwa proses ini terhenti pada satu item tertentu dalam daftar, klik Pause dan kemudian Start untuk melanjutkan. Saya menemukan bahwa trik ini bekerja ketika ArchiveFB tampaknya terjebak pada beberapa item dalam daftar.

Setelah operasi backup dan arsip selesai, Anda dapat melihat entri baru di sidebar "Facebook | Tanggal username" dengan username dan tanggal saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa operasi berhasil.

Sama seperti perangkat lunak backup data, Anda dapat memiliki beberapa set arsip agar Anda dibuat di berbagai titik dalam waktu, yang semuanya akan muncul di sidebar ArchiveFB Anda.

Perhatikan address bar browser URL saat browsing arsip profil. Ini akan menunjukkan "file://" bukan "http://" menunjukkan bahwa Anda sedang browsing salinan lokal di hard disk Anda. Anda harus dapat melihat foto Anda, daftar teman, catatan, dll dari dalam salinan lokal anda.


Untuk Pengguna Advanced dan Browser Lainnya
ArchiveFB menyimpan salinan data Anda dalam profil Firefox secara default. Anda akan menemukan folder ArchiveFB dibuat di dalam folder profil Firefox Anda, di mana arsip yang diciptakan oleh ekstensi ini disimpan.

Bagaimana jika Anda biasanya menggunakan browser yang berbeda? Di sidebar ArchiveFB, pergi ke Tools > Options. Dalam dialog Options, Anda dapat menentukan lokasi berbeda untuk arsip Anda. 


Dari semua archive anda, anda dapat membuka "index.html" untuk membuka archive facebook anda dari browser manapun yang anda suka.

Mudah-mudahan artikel ini berguna buat kalian semua yang facebooknya sering terkena hack atau dinonaktifkan.

thanks to  www.makeuseof.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Backup Facebook
Ditulis oleh Blogger Koetai
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kicaulebah.blogspot.com/2010/10/cara-backup-facebook.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment