Batu Apung (Pumice Stone)

Posted by Blogger Koetai Saturday 15 January 2011 0 comments
Batu apung (pumice) adalah jenis batuan yang berwarna terang, mengandung buih yang terbuat dari gelembung berdinding gelas, dan biasanya disebut juga sebagai batuan gelas vulkanik silikat.

Batuan ini  terbentuk  dari  magma  asam  oleh  aksi  letusan  gunung  api  yang mengeluarkan materialnya ke udara, kemudian mengalami transportasi secara horizontal dan terakumulasi sebagai batuan piroklastik. Batu apung mempunyai sifat vesicular yang tinggi, mengandung jumlah sel yang banyak (berstruktur selular) akibat ekspansi buih gas alam yang terkandung di dalamnya, dan pada umumnya terdapat sebagai bahan lepas atau fragmen-fragmen  dalam  breksi  gunungapi.  Sedangkan  mineral-mineral  yang  terdapat dalam batu apung adalah :
  • Feldspar
  • Kuarsa
  • Obsidian
  • Kristobalit
  • Tridimit
Proses pembentukan
Pumice terjadi bila magma asam muncul ke permukaan dan bersentuhan dengan udara luas  secara tiba-tiba. Buih gelas alam dengan gas yang terkandung didalamnya mempunyai kesempatan  untuk keluar dan magma membeku dengan tiba-tiba. Pumice umumya terdapat sebagai fragmen yang  terlemparkan pada saat gunung api dengan ukuran dari kerikil sampai bongkah.

Pumice umumnya  terdapat sebagai lelehan atau aliran permukaan, bahan lepas, atau fragmen dalam breksi gunung api. Batu apung dapat pula dibuat dengan cara memanaskan obsidian, sehingga gasnya keluar. Pemanasan yang dilakukan pada obsidian dari Krakatau, suhu yang diperlukan untuk megubah obsidian menjadi batu apung rata-rata 880oC. Berat jenis obsidian yang semula 2,36 turun menjadi 0,416 sesudah perlakuan tersebut oleh sebab itu mengapung didalam air.

Batu apung ini mempunyai sifat hydraulis. Pumice berwarna putih abu-abu, kekuningan sampai merah, tekstur vesikuler dengan ukuran lubang yang bervariasi baik berhubungan satu sama lain atau tidak  struktur  skorious  dengan  lubang  yang  terorientasi.  Kadang-kadang  lubang tersebut terisi oleh zeolit atau kalsit. Batuan ini tahan terhadap pembekuan embun (frost), tidak begitu higroskopis (mengisap air). Mempunyai sifat pengantar panas yang rendah. Kekuatan tekan antara 30-20 kg/cm2. Komposisi utama mineral silikat amorf.

Jenis batuan lainnya yang memiliki struktur fisika dan asal terbentuknya sama dengan  batu  apung  adalah  pumicit,  volkanik  cinter,  dan  scoria.  Sedangkan  mineral- mineral yang terdapat dalam batu apung adalah feldspar, kuarsa, obsidian, kristobalit, dan tridimit.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Batu Apung (Pumice Stone)
Ditulis oleh Blogger Koetai
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kicaulebah.blogspot.com/2011/01/batu-apung-pumice-stone.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment