Pengertian Managemen Keuangan

Posted by Blogger Koetai Monday 18 October 2010 0 comments
Masalah keuangan merupakan masalah yang paling krusial didalam kegiatan dunia usaha. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa peranan manajer keuangan sangan penting. Sering dengan perkembangan tugasnya manajer keuangan juga harus mampu menginvestasikan dana. Mengatur kombinasi sumber dana yang optimal, serta pembagian keuntungan dalam dalam rangka meningkatkan usaha perusahaan.
Dengan Demikian peranan ilmu manajemen keuanag sangatlah penting pada setiap perusahaan. Sebelum pembahasan ini dilanjutkan akan di sampaikan pengertian mengenai manajemen keuangan oLeh beberapa ahli sebagai berikut :


Manajemen keuangan atau sering disebut pebelnjaan dapat diartikan sebagaisemua aktivitas perusahaan yang bersangkutan dengan usaha-usaha mendapatkan dana perusahaan dengan dana murah serta saha untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efesien (Sutrisno, 2000;5).

Selanjutnya, manajemen keuangan dapat diartikan sebagai manajemen dana baik yang berkaitan dengan pengalokasian dana dalam bentuk investasi secara efektip maupaun pengumpulan dana untuk pembelanjaan dan pembiayaan investasi secara efesien (Sartono ;1999;8).

Sedangkan bambang rianto dalam bukunya yang berjudul dasar-dasar pembelanjaan perusahaan ( Edisi 4 ) mendefinisikan bahwa manajemen keuangan atau pembelanjaan perusahaan adalah seagia berikut :

Pembelanjaan meliputi semua aktivitas perusahaan yang bersangkutan dengan saha mendapatkan dana yang dibutuhkan oleh perusahaan beserta usah untuk menggunakan dana tersebut se-efesien mungkin ( Rianto ; 2001 ; 12 ).
Pada hakikatnya masalah pembelanjaan keseimbangan finasiil di dalam perusahaan. Dengan demikian pembelanjaan berarti mengadakat keseimbangan antara aktiva dengan vasipa yang dibuthkan, beserta mencari susunan kualitatif ari aktiva dan vasipa tersebt dengan sebak-baiknya pemilihan susunan kualitativ dari aktiva dan menentukan struktur kekayaan perusahaan. Sedangkan pemilihan susnan kualitatif dari pasiva akan menentukan struktur finasiil dan struktur modal perusahaan ( Riyanto : 2001 : 13 ).

Sedangkan menrut agung saardi yaitu : “manajemen keuangan dapat di  artikan membahas tentang ivestasi. Perbelanjaan dan pengelolaan asset-aset dengan beberapa tuajuan yang direncanakan “.( Sabardi ; 1995 ;2 )

Dan lima depinisi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen perusahaan mengandung dua masalah penting yaitu masalah mengenai penarikan/pengumpulan dana dan masalah penggunaan dana-dana tersebut secara efesien
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian Managemen Keuangan
Ditulis oleh Blogger Koetai
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kicaulebah.blogspot.com/2010/10/pengertian-managemen-keuangan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment